AIR CONDITIONER PADA MOBIL
Sebelum membahas tentang Air Conditioner pada Mobil,
TAHUKAH KAMU APA ITU AC?
Ok, tanpa basa- basi mari kita bahas sama-sama, Check It Now
![]() |
Gambar mesin pada mobil |
AC adalah sebuah alat yang digunakan
untuk mengontrol temperatur,mengontrol sirkulasi udara,mengontrol kelembapan
udara,serta memurnikan udara di dalam ruang.
Nah untuk sobat otomotif kebayang
kan kalau di dalam mobil kita tidak terdapat alat yang satu ini,rasanya seperti
didalam alat pemanggang.
Adapun contoh teori sederhana
mengenai pendinginan yaitu setelah kita melakukan kegiatan berenang pada saat
terik matahari kita akan tetap merasa dingin.
Apakah sobat otomotif tahu?
Hal ini dikarenakan air yang berada di badan kita saat berenang menyerap panas dari tubuh kita dan menguap.Intinya dalam hal ini cairan akan menguap apabila menyerap panas.
Demi terbentuknya system
pendinginan (AC) yang baik maka di perlukan komponen-komponen berikut ini :
1.Kompresor
Fungsinya adalah untuk memompa,menaikkan tekanan ,dan menghisap
refrigerant (cairan pendingin ac).
2.Kondenser
Berfungsi untuk menyerap panas refrigerant
sehingga berubah bentuk menjadi cair.
3.Receiver/Dryer
Berfungsi untuk menyimpan sementara
refrigerant dan memisahkan kotoran serta uap air yang terdapat pada
refrigerant.
Berfungsi untuk mengkabutkan refrigerant
menjadi butiran-butiran kecil,menurunkan suhu refrigerant,mengurangi tekanan
refrigerant,dan mengatur sedikit banyaknya
refrigerant yang masuk ke dalam evaporator.
Berfungsi untuk menyerap udara panas di
sekitar evaporator (di dalam kabin).
6.Blower
(kipas)
Berfungsi untuk menghembuskan udara dingin
yang panasnya telah diserap oleh evaporator.
7.Heat
Sensitizing Tube
Berfungsi
untuk mendeteksi suhu yang ada pada saluran out put evaporator.
Berfungsi untuk mendinginkan condenser.
9.Kopling
Magnet
Berfungsi untuk menghubungkan dan melepaskan putaran
dari mesin.
10.Sight
Glass
Berfungsi untuk melihat kondisi refrigerant
pada system ac.
Setelah
sobat otomotif tahu mengenai komonen-kompone dari system ac pada
mobil,selanjutnya saya akan memberi tahu secara singkat cara kerja atau siklus
dari system air conditioner pada mobil tersebut.
Simak baik-baik ya…
Pertama
dari kompresor itu sendiri memompa refrigerant yang bertemperatur tinggi dan
juga bertekanan tinggi.
Kemudian
gas refrigerant tersebut akan menuju condenser,nah didalam condenser ini
refrigerant berubah menjadi cair dan masih bertekanan tinggi dan bertemperatur
tinggi.
Selanjutnya
refrigerant akan menuju akan menuju receiver/dryer (refrigerant akan disimpan
sementara dan dipisahkan dari kotoran dan uap air).
Setelah itu
refrigerant akan di alirkan menuju expansion valve di sini cairan refrigerant
akan diubah menjadi butiran-butiran
kecil (embun),bertemperatur rendah dan bertekanan rendah.Refrigerant yang
berbentuk embun dan bersuhu dingin akan masuk ke dalam evaporator dan
dihembuskan udara dingin melalui blower.Hal itu dilakukan secara terus
menerus.
Catatan:Ingat yang dihembuskan oleh blower adalah udara dingin hasil dari siklus tersebut,bukan cairan refrigerantnya.Jadi cairan refrigerant yang ada tidak berkurang.
Comments
Post a Comment