Tuesday 4 April 2017

5 MANFAAT SARAPAN




1. Meningkatkan kemampuan anak dalam proses belajar

Sarapan memberikan energi yang anak butuhkan untuk menjalani aktivitas harian, khususnya di sekolah. Anak-anak yang makan sarapan sehat akan memiliki cadangan energi untuk menunjang proses belajar selama di sekolah. Seperti proses mengingat pelajaran, memecahkan masalah, dan bermain dengan teman.

2. Memengaruhi tingkat kehadiran

Anak yang memulai harinya dengan sarapan, memiliki tingkat kehadiran yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak sarapan. Sebab anak yang tidak sarapan rentan sakit. Mereka kerap mengeluh sakit perut, pucat, dan lemas saat menjalani proses belajar mengajar. Ketika hal itu terjadi, guru biasanya membawa siswa ke ruangan unit kesehatan sekolah atau bahkan memulangkan ke rumah.

3. Menstabilkan emosi

Emosional seseorang cenderung tidak stabil ketika perut lapar. Hal itu juga terjadi pada anak. Anak yang tidak sarapan sebelum sekolah, cenderung memiliki tingkat emosi lebih tinggi daripada yang sarapan. Tidak hanya itu, konsentrasi anak juga tidak maksimal menyerap ilmu di sekolah ketika perut lapar.

4. Menunjang tumbuh kembang
Dengan sarapan, anak lebih lama merasa lapar sehingga tak tergoda jajan sembarangan. Kandungan karbohidrat tinggi dalam menu sarapan berupa roti gandum, sereal, roti merah, dapat membuat anak merasa lebih kenyang. Selain itu dapat menstabilkan kadar gula dalam tubuh.

Jangan lupa berikan anak susu setiap pagi. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak. Hal ini karena kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Kalsium berperan penting dalam membentuk tulang yang kuat.

5. Memenuhi nutrisi

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh orang tua yaitu memberikan sarapan yang tak menunjang tumbuh kembang si buah hati. Tak jarang orang tua menyuguhkan menu sarapan yang dimakannya kepada si buah hati, padahal nutrisi yang dibutuhkan berbeda antara orang dewasa dengan anak.

Anak membutuhkan jenis sarapan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan nutrisi seimbang, tumbuh kembang anak akan berjalan normal.

Oleh karena itu, orang tua perlu meninjau kembali menu sarapan yang disajikan. Selain memberikan asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang menunjang tumbuh kembang, orang tua juga harus membiasakan anak minum susu setiap hari.